1.Hari Senin sampai Rabu adalah waktu belajar pelajaran akademik seperti Alam, Sosial,, Bahasa Inggris dan Matematika
2. Hari Kamis dan Jumat adalah waktu belajar non-akademik dimana anak didik mengembangkan dirinya di bidang kreatifitas atau ketrampilan yang diminati, seperti musik, menjahit, menggambar, multimedia, tanah liat, batik dan masih banyak lagi. Kelas ini disebut sebagai kelas forum.
Pada akhir semester, hasil belajar dari anak didik akan di seleksi untuk ditampilkan di Acara Production yang dihadiri oleh guru, orangtua dan murid HSTB.
HSTB memiliki ekskul seperti berenang, kelas memasak, tari daerah dan belajar bermain angklung.
Sebagai acara tahunan, HSTB mengadakan fieldtrip untuk menambah wawasan serta pengalaman secara langsung di luar lingkungan sekolah.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RPP yang dimaksud dalam kurikulum ini adalah bagian dari perencanaan proses pembelajaran yang bersifat interaktif, inspiratif, menyenangkan menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi, aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian peserta didik, yang sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar.
Syarat-syarat untuk penyusunan RPP adalah:
- Berfokus pada siswa
- Siswa yang aktif
- Pengalaman belajar siswa
- Rinci dan sistematis
Merupakan langkah untuk mencapai indikator dan kompetensi dasar.
Untuk mata pelajaran Bahasa Inggris menggunakan metode imitasi. Yaitu dengan mendengarkan dan meniru dari film. Bahasa adalah pembiasaan, sebagaimana cara kita belajar bahasa Indonesia sampai bisa berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain, begitulah juga metode yang diterapkan pada pelajaran bahasa Inggris. Sedangkan untuk grammar diterapkan pada jenjang yang lebih tinggi.
Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kami menggunakan metode membaca dan menulis. Yaitu dengan membedah buku cerita atau buku novel kesukaan siswa. Yang kemudian dilanjutkan dengan membuat resensi buku, sinopsis, rangkuman, sampai dengan unsur intrinsik dan ekstrinsiknya.
Dengan ini pelajaran sudah mencakup penggunaan EyD, menyusun kalimat, mengenal paragraf deduktif dan induktif, kalimat efektif, tanda baca, memilah poin penting dalam tulisan atau sumber informasi dan sebagainya.
Untuk mata pelajaran Alam dan Sosial kami menggunakan tema. Dimulai dengan tema mengenai diri sendiri sampai dengan yang paling jauh. Dari sudut pandang alam dan sosial. Misalnya tema mengenai diri untuk pelajaran Alam - Tubuhku dan untuk pelajaran Sosial - Aku. Dan contoh tema yang paling jauh untuk pelajaran Alam - Gen dan untuk pelajaran Sosial - Sejarah Dunia.
Untuk pelajaran PPKn kami menggunakan program sendiri dengan tetap mengikuti standar diknas. Mulai dari hal dasar hingga yang paling kompleks. PPKn ini juga menjadi salah satu program kami untuk membentuk karakter siswa, selain dari pelajaran Agama dan Etika.
Untuk pelajaran Agama kami menggunakan program sendiri dengan tetap mengikuti standar diknas. Mulai dari hal dasar hingga yang paling kompleks. Program menghafal dan memahami Juz Amma untuk SD dan porgram membaca Al Qur’an beserta artinya untuk SMP dan SMA. Pelajarna Agama ini juga menjadi salah satu program kami untuk membentuk karakter siswa, selain dari PPKn dan Etika.